Monday, January 17, 2011

Atap Yang Terpelihara


meteorSalah satu karya Harun Yahya tentang keajaiban Al Qur'an dari sisi ilmu pengetahuan. Dalam Al Qur'an, Allah mengarahkan perhatian kita kepada sifat yang sangat menarik tentang langit:

"Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang ada padanya." (Al Qur'an, 21:32)

Sifat langit ini telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah abad ke-20.

Atmosfera yang melingkungi bumi berperanan sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan. Dengan menghancurkan sejumlah meteor, besar ataupun kecil ketika mereka mendekati bumi, atmosfera mencegah mereka jatuh ke bumi dan membahayakan makhluk hidup.(meteor ini besar saiznya,cuba bayangkan jika seketul batu yang amat besar jatuh menimpa sebuah kawasan sabukperumahan!)

Atmosfera juga menyaring sinar-sinar dari ruang angkasa yang membahayakan kehidupan. Menariknya, atmosfera hanya membenarkan agar ditembus oleh sinar-sinar tak berbahaya dan berguna, - seperti cahaya tampak, sinar ultraungu , dan gelombang radio. Semua sinaran ini sangat diperlukan bagi kehidupan.

Sinar ultraungu, yang hanya sebagiannya menembus atmosfera, sangat penting bagi fotosintesis tanaman dan bagi kelangsungan seluruh makhluk hidup. Sebagian besar sinar ultraungu yang dipancarkan matahari ditahan oleh lapisan ozon atmosfera dan hanya sebagian kecil dan penting saja dari spektrum ultraungu yang mencapai bumi.

Fungsi pelindung dari atmosfera tidak berhenti sampai di sini. Atmosfera juga melindungi bumi dari suhu dingin membeku ruang angkasa, yang mencapai sekitar 270 derajat celcius di bawah kosong.


Dipetik dari Buku Harun Yahya.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts